4 Tips Penyuka Touring Harus Safety Riding

4 Tips Penyuka Touring Harus Safety Riding

Touring memang menjadi hobi beberapa orang khususnya pecinta otomotif. Penyuka Touring Harus Safety Riding, Tak hanya menjadi hobi, touring merupakan ajang persahabatan dengan rekan – rekan yang memiliki kesukaan yang serupa. Touring sendiri punya manfaat lho selain memperluas jaringan, bisa sekalian mencoba kendaraan yang dimiliki memang memiliki kualitas bagus seperti yang disampaikan saat promosi. Lebih asyik jika touring dilakukan bersama orang – orang yang asyik ke tempat yang bisa sekaligus melepaskan penat.

Touring bukan berarti kamu mengesampingkan keselamatan lho, Karena Keselamatan paling utama dibandingkan yang lain. Apa aja sih yang harus dipersiapkan sebelum touring? Cek dulu perlengkapan berikut.

Baca Juga:  Perlunya Motor Dengan Bagasi Luas

Penyuka Touring Harus Safety Riding

1. Helm
Helm merupakan bagian penting dan kewajiban yang harus kamu gunakan saat menggunakan kendaraan bermotor. Kepala adalah komponen penting yang menjadi pusat pergerakan seluruh tubuh. Nah pilihan untuk touring ada baiknya helm full face. Helm ini cocok digunakan sebagai penyuka touring. Pastinya akan melindungi seluruh muka dari terpaan debu, sinar matahari yang menyengat bahkan angin. Selain itu helm juga melindungi bagian tubuh paling pentung yaitu kepala.

Penggunaan helm full face juga dapat melindungi BAF Friends dari benturan saat terjadi kecelakaan. Serta terhindar dari terluka dari gesekan dengan jalanan. Pastikan untuk selalu mengaitkan sampai berbunyi ‘klik’. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi akibat dari benturan serta melindungi kepala dari hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Tujuh Cara Merawat Sepeda Motor Matic Yamaha

2. Jaket
Hal pertama sebelum menggunakan jaket adalah baju berlengan. Kemudian gunakan jaket yang berbahan agak tebal atau bisa gunakan jaket wind breaker. Jaket berbahan seperti parasut yang biasanya digunakan untuk naik gunung. Biasanya jaket ini berbahan anti air dan agak tebal. Seperti namanya jaket ini melindungi tubuh dari terpaan angin, debu, sekaligus paparan sinar matahari. Bahan yang anti air juga melindungi kita dari air hujan serta benda – benda yang biasa berterbangan di udara seperti kerikil atau serangga.

Akan lebih baik jika kamu memilih jaket yang tidak mudah robek yang memiliki sirkulasi udara yang lancar. Jadi kamu tak akan merasa kegerahan saat panas atau kedinginan saat terkena hujan. Pastikan jaket yang digunakan pas dengan ukuran badan, tidak terlalu ketat atau pun terlalu besar sehingga nyaman dan bisa bergerak dengan bebas.

3. Body protector
Body protector bukan berarti  harus menggunakan pelindung di seluruh badan. Ada beberapa bagian tubuh yang harus menggunakan body protector. Pertama pelindung dada dan punggung. Menggunakan pada bagian dada dan punggung agar saat ada kecelakaan baju dan jaket yang sobek tidak langsung mengenai kulit. Elbow and knee protector juga penting lho . Lutut, siku dan tulang kering patut dibalut dengan protector juga. Bagian tubuh ini cukup riskan sehingga perlindungan saat touring harus maksimal. Jaket termasuk body protector juga, paling penting harus yang berbahan tebal seperti drill atau denim yang berlapis. Pastinya harus melindungi badan dan lengan dari gesekan maupun benturan.

Kemudian bagian pertama yang terpapar sinar matahari dan angin adalah tangan, termasuk saat terjadinya kecelakaan. Tangan merupakan bagian tubuh yang mudah sekali lecet. Selain itu penggunaan sarung tangan membantu supaya saat hujan atau angin kencang tangan terlindungi serta tidak licin saat menggenggam kemudi. Terakhir yang tak kalah penting adalah celana panjang dan sepatu. Pilihan celana panjang sebagai safety things sebelum touring adalah karena celana panjang mampu melindungi seluruh bagian kaki dari gesekan atau benturan saat terjadi kecelakaan. Begitu pun dengan sepatu dan kaus kaki harus dalam satu paket untuk melindungi kaki karena kaki merupakan bagian tubuh pertama yang terluka saat ada benturan.

4. Surat kendaraan
Sebagai warga negara Indonesia yang baik pengurusan kendaraan serta surat izin mengemudi harus terselesaikan terutama untuk penyuka touring. Surat kendaraan yang perlu diurus adalah STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). STNK merupakan bukti bahwa kendaraan yang dibawa merupakan milik pribadi bukan barang curian atau rampasan. Surat ini juga menjelaskan keterangan nomor plat serta warna dan tipe kendaraan.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah SIM (Surat Izin Mengemudi). Sebagai pengendara yang taat peraturan dan mengutamakan keselamatan SIM adalah hal yang penting. SIM merupakan bukti  adalah pengemudi yang lulus uji dari kepolisian. Membawa surat kendaraan secara lengkap jadi lebih aman dan tenang saat di jalan ada razia.

Stay Connected

Yamaha Mustika Motor

Dealer Resmi Yamaha
Jl Raya jatinegara timur No 52
Bali Mester, Jatinegara
Kota Jakarta Timur 13310

0858-1419-0357
0822-9964-6585
0816-266-724
Jam Kerja: (Senin-Sabtu 9:00-17:00)

Maps

Route

Your location: Use my current location