Sejarah Profil Oto Finance Kredit Motor

Sejarah Profil Oto Finance Kredit Motor

Didirikan tahun 1990, pada awalnya Perusahaan ini bernama PT Summit Sinar Mas Finance, hasil kerjasama usaha antara PT Sinar Mas Multiartha dan Sumitomo Corporation, Jepang. Awalnya PT Summit Sinar Mas Finance memfokuskan aktivitas usaha pada sewa guna usaha. Namun di tahun 2003 PT Summit Sinar Mas Finance mengubah aktivitas usahanya menjadi perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor, sekaligus mengganti namanya menjadi PT Summit Oto Finance.

pemegang saham Oto Finance

Pada Maret 2016 pemegang saham Perseroan menjadi PT Summit Auto Group, Sumitomo Mitsui Banking Corporation, dan PT Sinar Mas Multi Artha Tbk. Para pemegang saham utama memberikan dukungan dan mengendalikan semua aspek usaha dari manajemen, treasury, keuangan hingga operasi. Dengan dukungan dari seluruh pemegang saham, PT Summit Oto Finance telah berhasil tumbuh dan meningkatkan pembiayaan sepeda motor serta memiliki jaringan kantor yang luas di Indonesia.

PT Summit Oto Finance

Usaha utama PT Summit Oto Finance adalah pada pembiayaan kepemilikan motor baru dan motor bekas. PT Summit Oto Finance lebih berfokus kepada pelanggan perorangan daripada perusahaan, dengan tujuan penyebaran risiko. Sebagai perusahaan pembiayaan yang independen PT Summit Oto Finance tidak memiliki keterkaitan dengan pabrikan sehingga perusahaan memiliki keleluasaan untuk membiayai semua merek motor yang tersedia di pasar. PT Summit Oto Finance telah mampu mempertahankan posisinya sebagai salah satu pemain terkemuka dalam pembiayaan sepeda motor.

Dengan pedoman kinerja “3M + 1T” (Man, Management, Money plus Technology), Perusahaan berhasil memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabahnya dan mencatat peningkatan kinerja yang signifikan selama tahun 2016.

Baca Juga

Dalam usaha menyediakan layanan “one-stop service”, PT Summit Oto Finance mengembangkan web site (www.otofinance.co.id). PT Summit Oto Finance juga terus memperkuat system Teknologi Informasi dengan cara meningkatkan efisiensi dan produktivitas di kantor-kantor cabang dalam hal pelayanan pelanggan.

PT Summit Oto Finance senantiasa berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan. Hingga saat ini PT Summit Oto Finance telah mengoperasikan 182 jaringan usaha yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu juga Perseroan juga telah bekerjasama dalam penerimaan pembayaran angsuran dengan bank – bank serta beberapa perusahaan retail berjaringan nasional, dan PT Pos Indonesia, sehingga para Pelanggan semakin mudah dan nyaman dalam melakukan pembayaran angsuran.

Para pemegang saham berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan pada PT Summit Oto Finance, baik dalam hal manajemen, pendanaan, pemasaran maupun operasional perusahaan. Didukung modal yang kuat, tim manajemen yang handal, mitra usaha, pelanggan setia dan 7.295 karyawan, pada tahun 2016 PT Summit Oto Finance telah berhasil tumbuh dengan Total Aset sebesar Rp10,49 triliun, Total Ekuitas sebesar Rp4,09 triliun serta Laba Bersih sebesar Rp281,43 miliar.

Kepemilikan Saham per 22 Maret 2016:
PT Summit Auto Group : 49.90%
Sumitomo Mitsui Banking Corporation: 35.10%
PT Sinar Mas Multiartha Tbk. : 15.00 %

KANTOR PUSAT
Gedung Summitmas II Lt. 18
Jl. Jend Sudirman kav 61-62
Jakarta 12190
Telp : (021) 522 6410
Fax : (021) 252 6870

CALL CENTER 1500 686
e-mail cs@oto.co.id

VISI Oto Finance

Menjadi Perseroan pembiayaan yang terkemuka di Indonesia dengan menciptakan nilai-nilai yang terbaik bagi seluruh stakeholder.

MISI Oto Finance

Memberikan kemudahan fasilitas kredit kendaraan bermotor yang terjangkau dan dapat diandalkan melalui kerjasama yang saling menguntungkan serta berkesinambungan dengan mitra bisnis dan melakukan pengelolaan bisnis yang prima.

Nilai – Nilai Perusahaan

Setiap organisasi pasti memiliki nilai-nilai dasar yang harus dipatuhi oleh setiap anggota yang terlibat dalam organisasi tersebut. Di OTO Group nilai-nilai dasar tersebut dikenal dengan Core Value.

Core Value pada dasarnya merupakan nilai-nilai dan budaya perusahaan yang dirumuskan oleh manajemen. Di mana setiap karyawan, baik itu jajaran manajemen, hingga staf harus menjalankan core value dalam pekerjaannya sehari–hari apabila ingin sukses berkarir di OTO Group. OTO Group percaya bahwa dengan budaya yang baik dan kuat akan menciptakan hasil yang baik pula.

Core Value PT Summit Oto Finance :

1. Integritas

2. Tidak Egois

3. Komitmen Yang Kuat

4. Pantang Menyerah

5. Kerja Sama

Izin Usaha

Didirikan tahun 1990, pada awalnya Perusahaan ini bernama PT Summit Sinar Mas Finance, hasil kerjasama usaha antara PT Sinar Mas Multiartha dan Sumitomo Corporation, Jepang. Awalnya PT Summit Sinar Mas Finance memfokuskan aktivitas usaha pada sewa guna usaha. Namun di tahun 2003 PT Summit Sinar Mas Finance mengubah aktivitas usahanya menjadi perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor, sekaligus mengganti namanya menjadi PT Summit Oto Finance.

Izin usaha PT Summit Oto Finance tertuang pada Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1601/KMK.013/1990 tentang pemberian izin usaha perusahaan pembiayaan kepada PT Summit Oto Finance yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 30 Juni 2003.

Pedoman Tata Kelola

Dalam menjalankan bisnis Perseroan, kami berkomitmen memegang teguh dan menerapkan prinsip–prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance–GCG), yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Bertanggung jawab, Independen dan Kewajaran. Kelima prinsip tersebut menjadi landasan bagi Perseroan dalam setiap aspek usaha dan operasional Perseroan. Melalui penerapan prinsip GCG secara berkelanjutan, Perseroan berharap mampu mewujudkan etika bisnis yang bermartabat sesuai dengan visi dan misi Perseroan.

Berikut ini adalah uraian pelaksanaan prinsip–prinsip GCG dalam praktik proses bisnis yang kami jalankan selama ini:

Transparansi

Prinsip keterbukaan informasi, baik dalam pengambilan keputusan maupun dalam mengungkapkan informasi material dan relevan mengenai Perseroan.

Akuntabilitas

Prinsip kejelasan fungsi, struktur, system dan pertanggungjawaban organ Perseroan sehingga pengelolaan Perseroan terlaksana secara efektif.

Tanggung Jawab

Prinsip kesesuaian dan kepatuhan di dalam pengelolaan Perseroan terhadap prinsip korporasi yang sehat serta peraturan perundangan yang berlaku.

Independensi

Prinsip pengelolaan Perseroan secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh atau tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang–undangan yang berlaku dan prinsip–prinsip korporasi yang sehat.

Kesetaraan dan Kewajaran (Fairness)

Kesetaraan, keseimbangan, dan keadilan di dalam memenuhi hak-hak Pemangku Kepentingan yang timbul berdasarkan perjanjian, peraturan perundang-undangan, dan nilai-nilai etika serta standar, prinsip, dan praktik penyelenggaraan usaha pembiayaan yang sehat.

Landasan penerapan Tata Kelola Perusahaan di Perseroan juga telah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30/POJK.05/2014 tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik bagi Perusahaan Pembiayaan, Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia yang dikeluarkan oleh Komite Nasional Kebijakan Governance tahun 2006, Undang–Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas serta merujuk pada Anggaran Dasar Perseroan.

Penerapan GCG di Perseroan tidak hanya ditujukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada segenap Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan tetapi juga merupakan wujud nyata dari komitmen Perseroan dalam meningkatkan nilai tambah dalam setiap layanan yang diberikan. Di sisi lain, melalui penerapan GCG secara konsisten, manajemen senantiasa mengedepankan mekanisme usaha dan bisnis yang sehat dalam membangun Perusahaan Kelas Dunia.

Stay Connected

Yamaha Mustika Motor

Dealer Resmi Yamaha
Jl Raya jatinegara timur No 52
Bali Mester, Jatinegara
Kota Jakarta Timur 13310

0858-1419-0357
0822-9964-6585
0816-266-724
Jam Kerja: (Senin-Sabtu 9:00-17:00)

Maps

Route

Your location: Use my current location